Kamis, 08 Desember 2011

MALARIA


                Malaria adalah penyakit yang dapat bersifat akut maupun kronik, disebabkan oleh protozoa genus plasmodium ditandai dengan demam,anemia,dan splenomegali.

Etiologi
Plasmodium sebagai penyebab malaria terdiri dari 4 spesies, yaitu plasmodium vivax, plasmodium falcifarum, plasmodium malariae, dan plasmodium ovale.Malaria juga melibatkan hospes perantara, yaitu manusia maupun vertebra lainnya, hospes defenitif, yaitu nyamuk anopheles.

Patogenesis
Daur hidup spesies malaria terdiri dari fase seksual eksogen (sporogoni ) dalam nyamuk anopheles dan fase aseksual ( skizogoni ) dalam hospes vertebra termasuk manusia.
a.Fase aseksual
                Fase aseksual terbagi atas fase jaringan dan fase eritrosit. Pada fase jaringan, sporozoid masuk kedalam aliran darah ke sel hati dan berkembang biak membentuk skizon hati yang mengandung ribuan merozoit proses ini disebut skizogoni praeritrosit. Lama fase ini berbeda untuk tiap fase. Pada akhir fase ini, skizon pecah dan merozoit keluar dan masuk aliran darah, disebut sporulasi. Pada P.vivax dan P.ovale,sebagian sporozoit membentuk hipnozoit dalam hati sehingga dapat mengakibatkan relaps jangka panjang dan rekurens.
                Fase eritrosit dimulai merozoit dalam darah menyerang eritrosit membentuk trofozoit. Proses berlanjut menjadi trofozoid-skizon-merozoit. Setelah 2-3 generasi merozoit dibentuk, sebagian merozoit berubah menjadi bentuk seksual. Masa antara permulaan infeksi sampai ditemukannya parasit dalamdarah tepi adalah masa prapaten, sedangkan masa tunas/inkubasi intrinsik dimulai dari masuknya sporozoit dalam badan hospes sampai timbulnya gejala klinis demam.
b.Fase seksual
                Parasit seksual masuk dalam lambung betina nyamuk. Bentuk ini mengalami pematangan mikro dan makrogametosit  dan terjadilah pembuahan yang disebut zigot          ( ookinet ). Ookinet kemudian menebus dinding lambung nyamuk dan menjadi ookista. Bila ookista pecah, ribuan sporozoit dilepaskan dan mencapai kelenjar liur nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar